CARA PERPANJANG STR DOKTER ONLINE (BAGIAN 2)

Bismillah.

Balada pengurusan STR offline sudah lewat. Tiba saatnya mencicil SKP online.

Awal tahun 2018 banyak broadcast via whatsapp yang menginfokan bahwa pengurusan STR sudah menggunakan sistem ONLINE. Kebetulan sekitar akhir 2016 saya sukses login dan menyimak aplikasi IDI online via web IDI.

Cukup senang sebab sistem DATABASE dokter mulai tertata dengan sistem online ini. Namun, menurut saya sistem ONLINE ini akan membuat “dokter rumah tangga” (semacam ibu-ibu muda seperti saya) akan tersingkirkan niatnya mengurus perpanjangan STR. Sebab kriteria verifikasinya sangat komplit dan kesannya harus terpenuhi semua 😀

Jika benar demikian, kemungkinan akan cukup banyak “DOKTER UMUM WANITA” yang “gugur” satu per satu, karena keterbatasan mengumpulkan SKP, belum lagi data buktinya harus discan, lalu diupload satu per satu (sepertinya akan butuh asisten khusus untuk hal ini). Maaf ini hanya sekedar opini dan curhatan hati saya sebagai dokter wanita yang sudah tidak lajang 😀

PERPANJANG STR online ini sangat memudahkan jika benar kita berada di jalan “dokter sebenarnya”. Tinggal klik-klik dan melengkapi data, lalu bisa verifikasi mendapat SERTIFIKAT KOMPETENSI online dan akhirnya terbitlah STR.

Berikut jika TS sekalian ingin mulai mencicil data untuk perpanjang STR online:

data yang bisa diinput di IDI online: data pribadi, keanggotaan, pendidikan, pekerjaan, praktik, dokumen, iuran dan P2KB. sangat lengkap!

Karena pengurusan STR online sangat mudah, apapun kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas TS sebagai dokter usahakan minta data sebagai bukti dan mulailah merapikan data. Adapun jenis surat yang diminta bisa dilihat di “DATA P2KB”.

klik pilihan INPUT KEGIATAN. maka banyak referensi kegiatan yang bisa kita input datanya

Berikut salah satu contoh data yang sudah saya input;

Kegiatan eksternal pengabdian masyarakat: Sosialisasi Aturan Organisasi

Jika berhasil menginput data, maka kegiatan bisa dilihat seperti berikut;

Hasil input 1 data kegiatan

Kemudian, jika sudah cukup banyak data yang terinput. Berikut tampilan bagan pada layar RESUME KEGIATAN;

Hasil input data P2KB online

Saran saya jika memang nantinya verifikasi online dilakukan 100% (tidak perlu sering ke kantor IDI lagi), sebaiknya mulai mencicil data sedikit demi sedikit. Sebab akan sangat terbantu sistem online ini untuk melakukan verifikasi guna mendapatkan sertifikat kompetensi dan selanjutnya penerbitan STR oleh KKI.

Silahkan baca tulisan sebelumnya; CARA PERPANJANG STR DOKTER (manual)

Download contoh borang offline di sini: DOWNLOAD SAMPLE BORANG DOKTER

Salam TS, semoga info bermanfaat!

Rajab 1439 H

Postingan dari: Aqilah M. Al-Ghifari

Comments are closed.