olahraga

Lebih Baik Kardio atau Latihan Beban untuk Turunkan Berat?

Cara terbaik adalah menggabungkan latihan kardio dan beban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam olahraga, latihan beban membakar kalori dan lemak. Sementara itu, latihan kardio juga memiliki fungsi yang sama ditambah dengan melatih ritme jantung juga paru-paru, serta memperkuat dan membangun otot. 

Dua jenis latihan ini sering diperdebatkan ketika seseorang ingin menurunkan berat badan. Ini menjadi isu kontroversial karena komposisi tubuh manusia berbeda. Pun, secara umum latihan mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda.

Seperti yang dilansir dari Citizen, Selasa (27/11), penurunan berat badan dapat dicapai dengan kombinasi diet dan pilihan olahraga yang dilakukan untuk membakar kelebihan kalori. 

Satu orang mungkin saja kehilangan banyak berat badan melalui latihan kardio seperti berlari, bersepeda, berenang, latihan aerobik, dan pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Sementara orang lain mungkin kehilangan berat badan yang cukup besar dengan latihan beban, seperti pelatihan beban dengan bebas, menggunakan mesin, atau pelatihan fungsional.

Latihan kardio membantu meningkatkan kebugaran dengan mengkondisikan jantung dan paru-paru. Latihan ini disebut sebagai aerobik. orang-orang beralih ke pelatihan kardio karena manfaat pembakaran lemak tubuh. 

Cara terbaru dan paling efektif dalam memanfaatkan kardio untuk menurunkan berat badan adalah pelatihan interval intesitas tinggi.  Ini disebut HIIT dan kata buzz dalam latihan berarti anda bergantian antara gerakan lambat dan cepat selama latihan. 

Misal, seorang yang berlari bergantian dengan joging selama latihan atau juga bisa dilakukan dengan bersepeda, akan mempercepat pembakaran lemak. 

Selanjutnya latihan beban adalah latihan fisik yang membutuhkan angkat beban eksternal, seperti dengan menggunakan barbel, dumbel, atau mesin. Ini memanfaatkan gravitasi dan membutuhkan otot untuk terlibat dan berkontraksi melawan kekuatan yang dihasilkan oleh berat. Mengangkat tubuh seseorang saat berolahraga juga dapat disebut latihan beban. 

Kesimpulannya adalah ketika ingin menurunkan berat badan, cara terbaik untuk memaksimalkan efek olahraga adalah mengikuti program penggabungan latihan kardio dan beban. 


Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Comments are closed.